Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Budidaya Kopi

Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Budidaya Kopi

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) berkontribusi pada acara Pra konvensi rancangan standar kompetensi kerja nasional indonesia (RSKKNI) bidang budidaya kopi (22-24/03/17). Acara yang dilaksanakan di Hotel The Majesty, Bandung dihadiri oleh 45 orang yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut berasal dari Kementerian Pertanian, Kementerian Ketegakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Perguruan Tinggi, LSM (IDH dan SCOPI), Perusahaan Besar Perkebunan, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao,  Lembaga sertifikasi dan petani.

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian yang bertujuan untuk menyepakati Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Bidang Budidaya Kopi. Dengan adanya standar tersebut diharapkan komoditas kopi memiliki standar budidaya global dan keahliaan tenaga kerjanya juga mendapat  pengakuan baik secara nasional maupun internasional.

Pembahasan RSKKNI bidang budidaya kopi dibagi menjadi dua kelompok yaitu Perencanaan Budidaya Kopi dan Pelaksanaan Budidaya kopi.

Balittri yang diwakili oleh Ir. Handi Supriadi masuk dalam kelompok Pelaksanaan Budidaya Kopi. Masukan yang diberikan oleh Balittri terutama  dalam persiapan lahan, penggunaan bahan tanam, penanaman dan konservasi lahan.  Setelah melalui diskusi selama tiga hari akhirnya  disepakati RSKKNI Budidaya Kopi.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar

Link terkait :Persiapan dan Kesesuaian Lahan pada Tanaman Kopi

Source: http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id/?p=18725

Please check the attached file.

EmailThis was not able to extract useful content from the website. Hence, we have saved the webpage to a PDF file. You can find that attached along with this email.

Help us keep the lights on.

✔ Save unlimited bookmarks.

✔ Save PDFs, DOCX files, images and Excel sheets as email attachments.

✔ Get priority support and access to latest features.

Upgrade to Premium